Oleh: adityohidayat | Oktober 11, 2009

Informasi Harga Emas Antam

Harga emas di Indonesia biasanya mengacu pada harga emas yang dikeluarkan oleh Logam Mulia (anak perusahaan Antam). Informasi ini memang tersedia di website dan koran setiap hari. Namun sayangnya, walaupun Antam punya datanya, tapi data historisnya tidak dipublish. Bandingkan dengan kitco yang punya data emas sejak tahun 1833. Saya perlu sekali data historis. Saya ingin tahu kapan saja harga emas bergerak naik atau turun. Walaupun saya penganut investasi emas sebagai pengganti tabungan (tidak peduli timing the market), ya sesekali saya ingin tahu kapan harga emas pernah mencapai rekor terendah (saatnya beli!) dan kapan pernah mencapai rekor tertinggi (saatnya cari untung).

Pergerakan harga emas dunia dapat dipantau setiap hari, namun (lagi-lagi) harga emas Indonesia belum tentu akan bergerak seirama. Ini dikarenakan harga emas dipatok dalam US Dolar, sehingga faktor kurs mempengaruhi harga emas di Indonesia. Saya sebagai investor awam tidak mengerti bagaimana mengaitkan kurs dengan harga emas dunia. Coba saja lihat harga emas di situs UBS Gold, disana sudah langsung tertera harga emas dunia yang dikonversi ke satuan gram dan rupiah. Apakah angkanya cocok dengan di koran? Tentu tidak :p

Daripada saya menunggu entah kapan Antam berbaik hati menyediakan data historis, saatnya saya atasi sendiri kebingungan ini. Bersumber dari data dari website Logam Mulia, semua informasi harga disana sudah saya kompilasi setiap hari (tentu saja, proses kompilasi ini fully automated). Hasilnya, data harga emas Antam lengkap secara timeseries dapat diakses di PortalReksadana.

Yang lebih keren lagi, informasi harga emas di PortalReksadana lebih up-to-date dibandingkan dengan yang tersaji di koran Bisnis Indonesia. Koran menampilkan harga emas kemarin, karena pada saat koran naik cetak, website Logam Mulia masih menampilkan harga emas kemarin. Website Logam Mulia sendiri memperbaharui harga emasnya sekitar jam 10 pagi. PortalReksadana melakukan kompilasi harga emas pada jam 10.30. So, silakan main ke PortalReksadana pas jam makan siang, langsung sudah bisa diketahui berapa harga emas hari ini. Ibaratnya, kita bisa tahu harga emas yang akan dimuat di koran esok hari🙂

Sementara ini dulu, semoga bermanfaat, semoga ini semakin membuat kita semangat berinvestasi di emas🙂


Responses

  1. Yang seperti ini yang mengagumkan dari Pak Yoyo..🙂. Ada bebereapa hal yang sangat menarik dari tulisan ini mas:
    1. Membuka pikiranku bahwa investasi emas adalah pilihan yang paling baik buatku untuk investasi. Aku simpulkan begitu karena insyaallah selamat dunia akhirat. Karena tidak berkaitan sama sekali dengan riba.
    2. Aku sangat kagum dengan bagaimana mas Yoyo bisa menggabungkan penguasaan terhadap IT dengan kebutuhan informasi di bidang investasi. Hal ini bisa dilakukan karena memang Mas Yoyo sangat menguasai keduanya. Mungkin sudah saatnya mas berkembang ke decission support system for investment🙂. Looking forward for that.

    Keep innovating and inspring mas.

  2. Please visit http://www.goldgram.co.id
    where indonesia check the gold price

  3. Funtastic…
    Satu lagi informasi dari pak Adityohidayat yang banyak bermanfaat bagi member portalreksadana.com khususnya dan bagi para investor di indonesia pada umumnya.
    Investasi emas memang salah satu investasi yang saya minati, tetapi karena minimnya pengetahuan dan informasi mengenai emas membuat saya masih blank dengan investasi ini. Kedepan saya berharap bahasan mengenai emas ini bisa berlanjut untuk bisa memberikan edukasi kepada kita – kita para newbie.
    Tetap SEMANGAT!

  4. Selalu kagum pada inovasi Ayah Lala. Thanks a lot for new feature.

  5. Perkembangan yang mengagumkan dari mas Gebet. data yang keren dan membantu. susah lo cari harga yang hitungannya per gram, karenadi internet biasanya harganya per troy ounce.
    selamat bro, pacu terus adrenalin untuk terus berkembang.

  6. kalau beli emas di antm di mana alamatnya kalau beli minimal berapa quantitynya paling minim nya bagaimana caranya main reksadana emas di antam thanks

  7. disini dapat dilihat conversi 1 try once ke gram, atau harga emas per gram.
    apabila dilihat dr pergerakan harga emas, mulai tahun 1973 2009 fluktasinya apabila ekonomi ga stabil harga dapat bergejolak coba visit ke http://goldprice.org/gold-price-per-kilo.html

  8. Bapak, kok saya akses portal reksadana nya access denied trus? saya butuh banget dengan data historis harga emas nasional.Bapak ada data dari tahun berapa?

  9. emang berape harganye ….dari tadi ngomong mulu…tapi g ada yang berani nyebutin tuh harga…g gentle…

  10. Assalamu Alaikum Pak Hidayat,

    1.Mohon infonya tempat membeli emas antam.
    2.Apakah berbeda jika kita beli emas batangan dengan emas perhiasan, jika dilihat dari segi investasi jangka panjang ? mana yang lebih baik ?
    3. Saran bapak..sebaiknya tempat menyimpan yang
    baik apakah di box deposit atau dipegadaian mega syariah ?

    Terima kasih tuk jawabannya Pak.

  11. @tri puji:
    1. Emas antam bisa dibeli di toko2 emas. pilih toko emas yang besar ya.

    2. untuk investasi, tentu pilihannya adalah emas batangan. saat membeli emas perhiasan dibebankan biaya desain/artwork, sementara pada saat dijual hanya diperhitungkan gram nya saja. emas perhiasan pada umumnya hanya dapat dijual di toko emas tempat membeli, sementara emas batangan bisa dijual dimana saja karena ada sertifikat dari antam.

    3. Menyimpan di pegadaian ini maksudnya digadaikan ya? Penyimpanan di pegadaian dikenakan biaya sesuai prosentase barang yang digadaikan. Sementara penyimpanan di safe deposit box (SDB) dikenakan biaya yang flat per tahunnya. so, biaya penyimpanan tetap sama walaupun SDB diisi banyak emas.

    semoga bermanfaat ya..

  12. mas, dimana kita bisa dapatkan histori harga emas ? kalau bisa harian agar kelihatan fluaktuasi hariannya. apa bisa di share hasil rekapan data harga emas harian yg mas rekap ? klu bis akirim k email saya aja. terimakasih

  13. @tarkan:
    histori harga emas ada di PortalReksadana.com, tinggal klik saja grafik harga emas ANTAM di kanan-atas. kalau tertulis “Access Denied”, berarti belum login atau belum terdaftar sebagai member PortalReksadana. Daftar aja, its GRATIS kok🙂

    semoga membantu yaa…

  14. saya mau tanya,
    -kenapa bila US Dollar menguat, harga emas di Indonesia naik?
    -Dan mengapa harga emas dunia dan kurs dollar merupakan faktor yang mempengaruhi naik turunnya harga emas nasional?

  15. @Tien_tien

    Kalo soal hubungan emas dan kurs sich kurang paham(bisa karena market psikologi, ato emang sistemnya dikonversi menurut dollar/troy ounce ke rupiah), tapi kalo diliat dari kitco.com bisa dilihat pasar emas dunia tuh sambung menyambung dari hongkong, nyambung london trus newyork, sidney balik hongkong lagi. bisa di pantau naik turunnya dan diperkirakan seperti halnya teknical analisis di saham (kalo niat banget).
    CMIIW

    Beberapa waktu yg lalu saya baru kenal LM batangan punya antam ‘n coba2 beli 10gr, saat itu harga 190rb/gr di toko emas umum, trus saya liat berita harga emas naik jadi 250rb. Saya latah jual karena takut kayak dolar naiknya cepet, turunnya juga cepet. Eh ternyata saya nyesel karena sekarang dah harga 350an rb/gr.
    Sebelumnya sempet beli sich di harga 330an rb/gram.

    Yg penting kalo jangka panjang relatif untung dech (cukup untuk melawan inflasi daripada cuman di tabung di bank yang tiap bulan malah minus)

  16. inilah informasi yang yang cari……….
    saya akan meng-up date harga emas di setiap harinya

  17. terima kasih untuk infonya sangat membantu, like it…!!

  18. Saya si tawari 2 jenis emas,

    1. emas produk dari antam (patokanharga dari web antam)
    2. emas lokal, bersertifikasi toko emas (patokan Harga dari kitco; harga beli untuk konsumen lebih murah dari harga emas produk antam)

    Manakah di antara 2 produk tsb yang paling menguntungkan bagi saya sbg investor??
    terkait harga jual emas saya waktu dilempar ke pasar

    Kebetulan saya tidak ada data harga waktu kita jual emas ke pasaran, baik lokal atau antam.
    Ada kabar kalo harga waktu kita jual emas antam ke toko emas kabarnya lebih mahal dari harga buyback di web antam. Malah kadang toko emas kasi harga ke kita untuk emas antam sama dengan harga toko emas beli dari antam — benar kah ini ??

    Mohob koreksi & masukan

  19. Pak Yoyo…investor emas sangat bersyukur sekarang ada blog yang menyediakan data harga antam. Apakah boleh saya dishare data harga antam 5 tahun kebelakang, tapi yang berupa angka-bukan chart, untuk keperluan penelitian. Apabila diperbolehkan…tentunya saya sangat berterimakasih atas kemurahan hati pak Yoyo…

  20. silakan cermati informasi terkini di:
    http://www.portalreksadana.com/node/388#comment-10278

  21. visit my blog : http://www.triagung86.wordpress.com

  22. I take pleasure in, cause I found exactly what I used to be taking a look for. You’ve ended my 4 day lengthy hunt! God Bless you man. Have a great day. Bye

  23. permisi bu..
    bu, saya mau tanya, dimana saya bisa dapatkan data historis harian harga emas indonesia daro tahun 2007-2014 ya?
    saat ini saya sedang mencari data u/ penulisan tesis.
    mohon pencerahannya bu. trims


Tinggalkan Balasan

Kategori

