Oleh: adityohidayat | April 5, 2009

Tutorial Pengembangan Module Sistem Informasi dengan Drupal

Pertama kali yang Anda tanyakan, mungkin “kenapa kok pilih Drupal”?

Dasar pemilihan saya,  yang paling dominan adalah empiris, yaitu berdasarkan berdasarkan pengalaman pribadi. Ketika pertama kali eksperimen menggunakan Joomla dan Drupal, saya benar2 belum familiar dengan CMS (Content Management System) manapun. Hasilnya, alur logika Drupal lebih mudah saya pahami ketimbang Joomla. Somehow saya merasa overwhelmed dan “tersesat” dengan Joomla. So, it’s simple, saya pilih Drupal karena bisa saya gunakan, bahkan saya bisa eksploitasi penuh kemampuannya.

Proses belajar saya dengan Drupal ternyata lancar, dan semakin mendalam. Saya tidak lagi takut berkreasi dengan module, bahkan berani mengembangkan sistem informasi dengan Drupal. Theme Drupal yang dikenal “garing” juga tidak lagi membatasi saya. Lumayan lah, saya sudah bisa melakukan porting banyak themes ke Drupal. Simpelnya, beri saya CSS template, nanti saya porting supaya bisa dipakai di Drupal. Contoh pengalaman saya di Drupal tidak perlu disebutkan ya…😀

Kemudahan Drupal ini sayangnya tidak banyak terpublikasi. Proses belajar saya banyak trial-and-error. Selain itu, saya juga harus banyak mencari referensi yang kadang sulit ditemukan. Somehow saya juga tidak terlalu cocok dengan model forum komunitas Drupal seperti di Drupal-id.com, saya merasa “tersesat” juga disana, harus mulai dari mana begitu…

Saya personally tergerak ingin membantu rekan-rekan agar dalam proses belajar Drupal tidak perlu banyak kepentok seperti saya. Saya ingin berbagi atas banyak pencerahan yang saya jumpai, dengan harapan learning curve dalam mempelajari Drupal bisa lebih singkat. Bahasa kerennya: sharing experiences

So, I hereby proudly presents… DQS: Drupal Quick Start

DQS memberikan alternatif media belajar bagi rekan-rekan yang cocok dengan format blog interaktif. Rekan yang cocok dengan format forum, tentu tetap disarankan ke drupal-id.com.

Sementara ini baru ada kurikulum untuk pengembangan web application (berlaku juga untuk sistem informasi berbasis web). Kurikulum ini diharapkan menjadi semacam panduan step-by-step untuk belajar Drupal. Kurikulum ini masih terus disempurnakan, so feel free untuk menyumbang ide/saran. Jika artikelnya juga masih sulit dimengerti, just let me know, nanti saya coba improve.


Responses

  1. mantaaapppp….. portal baru yaa yok😉

  2. ide bagus bos…..trims buat sharingnya…

  3. Mudah – mudahan saya bisa seperti mas memiliki jiwa sharing (DQS, Portareksadana) yang besar !!!

    ngomong – ngomong, drupal punya teamplate untuk mobile ngk. saya lagi pengen buat web application untuk mobile phone

  4. @putrakopo: terima kasih atas dukungannya mas🙂

    bbrp waktu yang lalu saya juga mencari2 ttg template maupun drupal untuk mobile (pengen bikin seperti “Send to Facebook” kalau di Blackberry).

    saya agak lupa URL nya, tp salah satunya ada di:
    http://www.mobiledrupal.com/

  5. ! Nice site
    Keep posting, and mate thanks.
    there is nothing in the world I enjoy more than learning joomla. In fact, i’d rather be learning joomla now!

  6. kalo dijadikan buku bagus juga tuh mas, saran aja🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: