Oleh: adityohidayat | Oktober 15, 2008

Survey Kualitas Teleconference dengan Skype

Terinspirasi oleh pengalaman bro Adez di blog nya, saya tergerak untuk ingin tahu bagaimana kualitas percakapan teleconference dengan menggunakan Skype. Saya sepakat sekali dengan bro Adez, mobilitas di Jakarta sangat menghabiskan waktu, sehingga tidak efisien jika harus rapat di beberapa tempat sementara durasi rapat tidak terlalu lama (2-3 jam perjalanan untuk rapat 30 menit? No way!).

Saya sendiri berlokasi di Jogja dan tidak ada masalah untuk mobilitas di Jogja. Tapi situasinya berbeda jika lokasi klien berada di luar kota. Saya kira dalam dunia software engineering dimana diperlukan banyak komunikasi intens dengan klien, teknologi tepat guna seperti teleconference bisa banyak bermanfaat. Klien Adez yang mostly berada di luar kota dan luar negeri sangat terbantu dengan teleconference. Saya ada teman kuliah yang bekerja di manufaktur mebel, aktif berkomunikasi dengan buyer di New York melalui Skype. All said its great!

Lets give it a try! Saya call bro Adez yang berlokasi di Jakarta via Skype, kualitasnya sangat baik. Skype bahkan sdh support video conference, tapi sayangnya notebook saya tidak ada webcam. Saya dan bro Adez sama2 menggunakan koneksi Speedy, tapi bagaimana dengan di luar kota? Saya penasaran untuk melakukan survey bagaimana kualitas teleconference dengan menggunakan Skype. Hasilnya nanti saya akan buat dalam tabel tabulasi seperti dibawah. Dengan tabel ini, setidaknya bisa mendorong untuk ada komunikasi yang lebih nyaman ketimbang YM.

Account Skype saya: adityo.hidayat
Contact me at any time, lets talk. Kita bisa diskusi singkat seperti “asl pls”đŸ˜€
Jika Anda pernah menggunakan Skype bukan dari Jogja, pls let me know, nanti saya sertakan dalam tabel.

Asal

Tujuan

Kualitas

User

Kota

Koneksi

User

Kota

Koneksi

autogebet

Jogja

Speedy

Adez

Jakarta

Speedy

Lancar

autogebet Jogja Speedy Iwan Blitar Unknown Lancar
Adez Jakarta Speedy Para Houston, AS Unknown Lancar
Adez Jakarta Speedy Esca Bogor Speedy Lancar

Responses

  1. Sebenernya layanan VOIP lain seperti Voipwise.com itu lebih baik, dari pengalaman saya. Belakangan ini Skype sering trouble, terutama kalau berhubungan dengan koneksi Telkomsel Flash (di Indonesia).

    Sisi positif Skype, bisa sambil ber-webcam-ria. ^_^
    Dalam waktu dekat saya mau mencoba Skype/Voipwise ke mobile/fixed phone dengan membeli credits.

  2. Saya tlah menggunakan skype selama kurang lebih dua tahun… justru saya tahu program yang hebat ini dari Autogebet.

    Kualitas suara sangat bagus, bisa buat telp (PC-PC) secara gratis… kampanye Indosat dan XL bahwa mereka mengklaim kalo telp paling murah ga ada apa-apanya hehehe… tapi sayang masih relatif sedikit temen saya yang menggunakan skype.

    Buat keperluan kantor, saya menggunakan skype buat keperluan “conference call” dengan perusahaan di Amerika, lumayan skali buat nekan biaya telepon. Koneksi memakai speedy.
    Saya akan coba menggunakannya dengan telkom flash di HTC TyTNII, saya akan kasih reviewnya segera.

    Kualitas skype buat telp ke landlines/mobile juga terbilang lumayan. Dan cukup murah digunakan apalagi buat telp ke Paman Sam.

  3. Hampir setiap hari saya conferen ke malaysia tapi sayangnya software yang saya pake berbayar. saya menggunakan jaringan speedy yang paket office 750.000 dengan menggunakan laptop acer aspire 4720Z, memory saya upgrade s/d 1 GB. Hasilnya cukup lumayan bagus karena sudah dilengkapi dengan webcam. selain bisa conference sampai 100 orang, software ini begitu banyak fitur antara lain ada fasilitas white board, program capture, data upload, program sharing, web sharing dan masih banyak lagi fitur-fitur lain. tapi saya yakin bagi rekan-rekan yang berkecimpung dalam dunia bisnis harganya sangat-sangat murah. untuk rekan-rekan yang mau sharing boleh email ke nokitasaid@gmail.com atau call ke 021-70208923. semoga bermanfaat.

  4. id ku “jemmy.kosasih”

  5. saya pake skype sudah 1 tahunan lebih… lumayan membantu untuk menghubungi teman yang tinggal di luar negeri.. cuman akhir-akhir ini sering kena trouble untuk video call dan sign in… setelah saya kaji dan coba cari info di internet.. ternyata untuk bisa konek ke skype butuh koneksi yang stabil… saya pakai smart evdo, dimana koneksinya tidak stabil sekali. Untuk konek ke youtube memang bagus banget, tapi ketika dipakai untuk konek ke skype langsung drop.. dan kadang kirim message di skype agak terpending… itu pun masih terjadi, walau sudah di offkan youtube-nya… trus saya coba cari info di net mengenai koneksi di skype. Dan ternyata……bandwith percakapan yang diperlukan minimum 2 kb/s dan untuk video 6kb/s…. nah kalau koneksi- ngedrop sampe segitu langsung aja call drop… apalagi pihak skype sendiri bilang play youtube atau u-torentz dan download file akan mengurangi kecepatan dari skype… saya sudah membandingkan koneksi skype versi 4 dengan YM versi 10 (versi terbaru)… ternyata YM lebih stabil.. dan kualitasnya lumayan, tidak patah-patah lagi(itu untuk YM versi 10, versi terbaru). jadi kesimpulannya… skype program yang memerlukan koneksi yang stabil… dari pengalaman saya, memakai speedy lebih stabil koneksinya… cuman mahal bgt dibanding provider yang lain… ada yang bisa ngasih solusi supaya bisa konek ke skype???


Tinggalkan Balasan

Kategori

