Oleh: adityohidayat | Oktober 11, 2008

Petualangan Lala di Kidzania


Lala mengalami petualangan yang sangat seru di Kidzania, excitement yang tiada bandingannya. Niatnya untuk berbagi kisah, tapi tulisan ini akan menjadi sangat membosankan, karena excitement yang dikisahkan sama sekali tidak dilengkapi dengan foto. Ya, Ayah Lala sama sekali tidak bawa kamera (nyesel banget!) gara2 dari Tanah Abang langsung banting setir ke Pacific Place. Jujur, walaupun beberapa kali nyasar tapi sangat nikmat karena Jakarta bebas macet.

Saya sangat amazed dengan Kidzania, sampai berangan2 pengen buka cabangnya di Jogja. Slogan “Mau Jadi Apa Hari Ini?” seolah menjadikan impian anak one step closer to reality. Kidzania tidak hanya sekumpulan wahana permainan (bersifat hiburan yang memacu adrenalin, mewujudkan fantasi), tapi lebih bersifat role-playing dan penuh nilai edukasi. Experience yang dirasakan anak semakin kaya, tidak hanya aspek motorik tapi juga logic (ah, seharusnya ada istilah psikologi yang pas untuk ini).

Wahana yang tersedia begitu banyak, tempatnya sangat luas (bahkan ada dua lantai). Asli, menemani anak bermain 5 jam saja, capeknya seperti kalau menemani Bunda Lala seharian di Tanah Abang. Anak-anak memang bisa menjadi apapun, just check it out on the map. Menurut saya, yang paling cool adalah Flight Simulator, its so real! Kalau menurut Lala, yang paling cool adalah menjadi operator di pabrik mie. Its a true factory, anak akan mengoperasikan mesin pembuat mie, hingga mie dibungkus dan dibawa pulang. Pabrik lainnya ada: es krim, wafer, biskuit, botol, coklat, dan permen. Alamakk… bayangkan serunya!

Adanya sistem mata uang di Kidzania menjadikan main semakin seru. Satuan mata uangnya adalah Kidzos, dan kita benar2 diberikan lembaran uang. Bahkan kita diberikan kartu ATM, dan benar2 ada mesin ATM yang bisa mengeluarkan uang! Beberapa wahana yang seru (seperti pabrik) memberlakukan tarif masuk. Untuk belanja, makan burger dan pizza juga harus bayar dengan Kidzos. Untuk mendapatkan uang, kita harus bekerja di wahana yang memberikan gaji (misal menjadi pemadam kebakaran). Belakangan saya baru tahu kalau anak bisa punya rekening untuk menyimpan uangnya, kemudian uang ini nantinya bisa dibelanjakan di Department Store (bisa untuk souvenir).

Buat teman2 yang kesehariannya jarang bersama anak (berangkat subuh pulang dinihari), Kidzania sangat cocok untuk menebus rasa bersalah dan membahagiakan anak seharian, ya sesekali ikut excited bersama anak. Biaya tiket masuk Kidzania memang mahal (tarif holiday: Rp. 150rb per orang, untuk sesi main 5 jam), tapi setara dengan puasnya. Dengan nominal yang tidak jauh beda, Dufan juga puas, tapi panas. Anak harus bebas bermain dengan riang, jangan sampai orangtua terjebak menjadikan Kidzania sebagai arena “kerja rodi” bagi anak (karena tiket masuknya mahal). Orangtua harus menyiapkan teknik komunikasi dan bujuk-rayu yang ampuh supaya excitement anak terjaga dan semangat mencoba semua wahana. Pastikan stamina anak (dan orangtua) harus prima, karena banyak waktu habis untuk antri di setiap wahana (apalagi pas libur lebaran, wuih ramenya). Supaya bisa menikmati hampir seluruh wahana (kan sudah bayar mahal), setidaknya menunggu sampai usia anak minimal 4 tahun. Jangan lupa untuk bawa Rupiah yang cukup karena tidak boleh bawa makanan-minuman (contoh: harga sebotol aqua Rp. 6rb-7rb). Orangtua jangan hanya sekadar menemani tapi juga harus memberikan pemaknaan dari setiap role yang dimainkan anak. Jika perlu, bantu anak berkenalan dengan sesama anak lain supaya permainan semakin seru.

Selamat mencoba Kidzania! Share your excitement!


Responses

  1. Aku tertarik dgn baju2nya,gmn cara mesannya krn aku tinggal di banjarmasin.no hpku 081399481994

  2. ih waktu pertama kali aku masuk kidzania hatiku udah berdetak kencang aku udah ngak sabar ngeliat nya DAN……. waw this a DREAMS aku terkejut melihat kota KIDZANIA !!! saat pertama masuk aku bingung mau ngapain makanya aku terus nanya tapi karna aku perginya cuma berdua (2) jadi ngak seru deh!!! tapi aku nikmati kok saking aku keseruan jadi aku lupa waktu kalau udah malam akhirnya aku dijemput deh sama ayahku!!! saat aku pingin pergi rasanya berat ninggalin kota KIDZANIA yang CANTIK!!! dan yang paling seru yang aku mainin adalah MENJADI PENGAWAI DI SUPERMARKET !!!

  3. kan ada kidzania yang baru
    bagaimana dengan map yang baru juga?

  4. Seru tuh kayaknya. Flight Simulator apalagi… Buat yg cita2 pilot ky saya. Hhe😀

  5. Sru loh ϑί sana Aku suka waktu aku kξ perpustakaan nya rasanya seru terus soalnya banyak permainan yang bermanfaat kaya bener bener datang kξ dunia cita cita uhuhuhuhuhuhuhhuhuhuuhuhuhuhuhuhuhuh


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: