Oleh: adityohidayat | Maret 23, 2008

Pendaftaran Online untuk Calon Mahasiswa Baru, Instan!

Penyediaan layanan pendaftaran online bagi calon mahasiswa baru membutuhkan overhead investasi cukup besar. Investasi yang bersifat fisik pada umumnya berupa pengadaan server dengan daya komputasi tinggi dan koneksi Internet yang cukup besar. Investasi lainnya berupa investasi waktu, dimana masa pengembangan software pendaftaran online lebih kurang membutuhkan 3 bulan. Belum lagi diperlukan formasi SDM yang mampu mengoperasikan dan memelihara software ini. Periode pendaftaran mahasiswa baru yang hanya satu kali setahun juga menjadi salah satu faktor yang seringkali mengganjal jika harus menginvestasikan nominal rupiah yang cukup besar pada software ini.

btw; dalam terminologi kami, “Pendaftaran Online” tidak sama dengan “Registrasi Online”. Pendaftaran adalah proses penanganan calon mahasiswa hingga tercatat sebagai mahasiswa. Sementara registrasi adalah proses pendaftaran ulang (beberapa menyebut ini dengan “heregistrasi”) secara rutin tiap semester bagi mahasiswa, baik bagi mahasiswa lama maupun baru. 

Sekarang ini, layanan Pendaftaran Online sudah menjadi sesuatu yang umum dan dibutuhkan. Tentunya perguruan tinggi perlu memberikan pelayanan pendaftaran yang lebih convenient, terutama bagi calon mahasiswa yang berada di lokasi geografis terpisah. Layanan ini menjadi semakin terjangkau dan dapat dinikmati semua lapisan perguruan tinggi, tidak lagi didominasi oleh perguruan tinggi dengan anggaran besar.

Ini semua dimungkinkan dengan adanya software gtUjianMasuk, sebuah Sistem Informasi Ujian Masuk Online Perguruan Tinggi. Software ini dikembangkan berdasarkan alur proses pendaftaran mahasiswa yang digeneralisasi, berdasarkan pengalaman yang ada sebelumnya di berbagai perguruan tinggi. Satu feature yang menarik adalah: terintegrasi dengan cash management system dari bank mitra perguruan tinggi. So, dimanapun calon mahasiswa membayar di bank, status bayar akan langsung terbaharui di software ini. Kini tidak perlu lagi menunggu rekap bank berhari2, bahkan software ini dapat menghasilkan rekap pembayaran harian🙂

Sedikit ilustrasi user interface software gtUjianMasuk:

Welcome Screensatu.pngStatistik PendaftarStatistik per Kota

Berbeda dengan software sejenis, gtUjianMasuk dapat langsung diimplementasikan, perguruan tinggi tidak repot investasi server maupun koneksi internet. Gamatechno akan menyediakan semua infrastruktur yang diperlukan, termasuk mendampingi on-site pada masa pendaftaran. Lebih menarik lagi, komitmen Gamatechno adalah tumbuh berkembang bersama perguruan tinggi. gtUjianMasuk menerapkan skema revenue-sharing yang sangat terjangkau berdasarkan jumlah pendaftar yang masuk melalui website. Harapannya, dengan skema ini menjadikan layanan Pendaftaran Online dapat dinikmati oleh berbagai perguruan tinggi.

Jika ingin eksplorasi lebih lanjut seberapa feasible untuk mengimplementasikan gtUjianMasuk, mohon tidak ragu kontak saya😉


Responses

  1. wakzzz namanya ganti ya ?
    makan-makan™

    * perasaan dulu ada yg usul namanya pake prefix “gt” gitu siapa ya *

  2. Whoa, ini dia bussiness model yang sudah lama saya tunggu. Ini termasuk SaaS bukan ya pak?

    BTW, selain biaya pakai yang murah, bagaimana dengan jaminan layanannya? Apalagi pada musim pendaftaran mahasiswa baru, apakah service ini sanggup menangani peminat yang jumlahnya cukup besar?

  3. @toni:
    Yess, Anda benar sekali, ini merupakan salah satu lini produk pertama yg ditawarkan secara SaaS (Software as a Service).

    Dalam proposal penawarannya, sudah dirinci lebih detail mengenai SLA (Service Level Agreement). Mis: 95% uptime reliability, response time kurang dari 2×24 jam.

    Belajar dari pengalaman sebelumnya mengimplementasikan sistem serupa, tentu kami sangat memperhatikan kekuatan infrastruktur server dan koneksinya, utk memperkirakan skala peminat yang mampu ditangani.

    Infrastruktur yang ada sekarang di Gamatechno (2x Dual-Core Xeon processor) diperkirakan cukup untuk mendampingi perguruan tinggi dengan skala student-body hingga 20.000 mahasiswa.

    Kami terus memantau utilitas infrastruktur ini, jika sudah lebih dari 60%, tentu akan kami tingkatkan kapasitasnya🙂

  4. Yah, foto2nya gak asing lagi tuh😉 Salam ya… Selain maswing, saya juga hobifilateli.wordpress.com lho. Saya pengin memasyarakatkan (kembali) filateli, terutama di kalangan pelajar dan remaja. Hobi ini besar sekali manfaatnya, sayang tidak ada yang mengarahkan. Maka saya bikin buku lengkapnya… mbak Sari sudah lihat sekilas tuh😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: