Oleh: adityohidayat | Desember 30, 2007

Rencanakan Masa Depan Sejak Sekarang

Baru-baru ini saya merilis feature My Plan untuk PortalReksadana.com. Ini adalah sebuah feature untuk membantu financial planning. Dengan input rencana kebutuhan dana (mis: pendidikan, pensiun), nantinya portal ini bisa merekomendasi berapa jumlah setoran minimal investasi tiap bulannya. Perhitungan ini mengadopsi metode investasi DCA (Dollar Cost Averaging) sekaligus memanfaatkan ilmu kuliah (NPV, FV, PMT, dkk).

Feature ini bisa diakses di: PortalReksadana.com. Hm, jika tertulis “Akses Khusus Member”, jangan kuatir, langsung mendaftar saja. Its Free🙂

Saya pribadi sangat terbantu dengan feature ini. Sangat mengejutkan sekali, karena saya cukup menabung Rp 92.252 per bulan untuk pensiun pada usia 50 tahun dengan standar biaya hidup bulan Rp. 5 juta (dengan nilai uang saat ini). Dengan teknik yang serupa, anggaplah 15 tahun lagi Lala akan kuliah di Fakultas Kedokteran dan saya harus siap-siap membayar uang gedung Rp. 50 juta. Untuk ini ternyata saya hanya perlu menabung Rp. 62.035 per bulan. Wuih..!

Kenapa setoran ringan ini bisa sangat fantastis untuk memenuhi rencana keuangan kita di masa depan, adalah karena ini disetorkan ke bukan ke tabungan/deposito biasa, tapi ke instrumen investasi. Sesuai saran dari buku Safir Senduk, target return investasi disesuaikan dengan horizon investasinya (kapan dana akan digunakan). Jika dana dibutuhkan >10 tahun, maka investasikanlah pada produk yang sedikitnya mampu memberikan return 30% per tahun. Jika dana dibutuhkan lebih cepat (mis: < 5 tahun), maka target return minimal adalah 15% per tahun (lebih kurang spt ini lah, yang penting sudah saya buat algoritmanya… hahaha). Pendekatan ini juga tentu tidak saklek, karena ini akan tergantung profil resiko investor. Jika kita sangat agresif/risk-taker (karena kita ahli trading saham), mungkin kita bisa pasang target return 50% per tahun. Setidaknya dengan adanya feature ini kita bisa lebih terencana dalam melakukan investasi.

Saya pribadi sedikit menyesal karena terlambat mengetahui ilmu reksadana dan perencanaan keuangan ini. Seandainya saja saya sudah mulai menabung sejak dapat gaji pertama, tentu jumlah yang harus ditabung lebih ringan lagi.

Sekaligus saya memberi pesan sponsor buat para profesional muda: Rencanakanlah masa depan sejak sekarang. Pelajari ilmu investasi dan langsung berinvestasi sejak sekarang. Jangan ragu berinvestasi, di PortalReksadana.com, Anda tidak sendirian😀

pak Wing punya pesan serupa kepada para generasi muda:

The brights of tomorrow depend on what you do today.
If you want your dreams come true, do not sleep too much.


Responses

  1. thx mas yoyok, ilmunya berguna sekali🙂

  2. Mampir bentar nih, Boss Gebet.
    Pose-nya kocak-kocak deh.

    Eh, di BEI gath kemaren Michael Tjoa juga jelaskan kalau tiap bulan secara disiplin menggunakan 15% sallarynya untuk membeli instrument investasi dlm bentuk paper asset (saham tentunya) sebagai persiapan dana hari tua supaya bisa self sufficient.
    Dan setiap bulan beliau juga menginvestasikan 5 juta rupiah sejak anaknya lahir, supaya ketika si anak lulus kuliah tersedia dana sekitar 40-an milyar untuk modal usaha anaknya.

    Kita bisa meniru dengan nilai nominal sesuai kemampuan masing-masing tentunya, karena sayang sekali kalau kita tidak mamanfaatkan dahsyatnya compound interest di instrumen investasi. My Plan-nya sangat membantu, tku!

  3. kelihatannya memang bagus tapi jangan lupa juga kita butuh informasi yang akurat biar tidak hancur pada saat uang yang kita investasikan pada saat harus diambil ternyata turun jadi dibuatkan juga alogaritma nya tentang resiko nya tapi memang kadang setelah kita tahu tentang investasi kenapa tidak dari dulu masuk karena memang kita tidak diajarkan dalam sekolah kita tentang investasi jangka panjang dan apa yang harus dilakukan biar setelah pensiun bisa menikmati hidup lebih baik so thanks atas infonya

  4. kalo ternyata target return invest kita untuk dana pensiun (lebih dari 10 tahun) kurang gimana? apa mesti switch? ato tutup mata, karena ada teori kalo invest lebih dari 3thn lebih baik invest lalu tutup mata selama target invest.

    mohon pencerahannya, pak

  5. @doni afrizal:

    tentang “tutup mata” itu benar, tapi dalam arti kita tidak perlu kuatir tentang fluktuasi nilai investasi (khususnya utk reksadana saham) jika kita fokus jangka panjang.

    yang kita harus tetap membuka mata adalah kinerja return investasi kita. jika dibawah target, tentu kita memang harus switch ke produk lainnya. memantau return ini jangan terlalu lama (>10tahun br dievaluasi), minimal tiap tahun harus kita evaluasi. bro sayogo malah merekomendasikan evaluasi tiap 6 bulan. rugi dong kalau tutup mata, eh malah tujuan pensiun kita tidak tercapai🙂

  6. My Plan, Changin Dream Into Vision

    Kalimat itu yang muncul di kepalaku setelah Mas Yoyo berhasil meyakinkan aku untuk mencoba bikin plan dengan My Plan di portalrd.

    Hari ini hari minggu, sama-sama OL. AKu tanya, “mas kalo duit 2jt mau diputer, ngapain ya?”. Mulai deh mas yoyo meyakinkan aku pake my plan.

    Sebetulnya di kepala ini suka muncul, pengen ini taun sekian, pengen itu taun sekian. Itu yang kusebut mimpi. Dengan my plan aku coba bayangkan lebih rinci mimpi2 itu hingga bisa muncul Rp. Xjt perbulan.

    IMHO Rp. X jt perbulan itu sudah menjadi Visi, yang akhirnya dibreakdown menjadi rangkaian “I should do bla bla bla”.

    Thanks for the feature mas Yoyo.

  7. Wauww ni dia yg sy cari – cari slama ini…please tolong dunk Mas Yoyo..kira – kira darimana sy hrs mulai???

  8. Paragraf terakhir itu selalu saya sampaikan kepada generasi muda dengan kalimat tersembunyi, begini bunyinya: The brights of tomorrow depend on what you do today. Atau kadang-kadang saya ganti juga dengan “If you want your dreams come true, do not sleep too much”. Gitu mas…😉

  9. wah saya harus mulai dari mana nih mas?

  10. its simple. Mulai dengan menggunakan feature My Plan di PortalReksadana.com🙂 Its FREE😀

  11. apakah ad metode lain yg lebih murah ??

  12. @caLista: maksudnya lebih murah? setoran per bulannya? bisa lebih murah jika berani mencari instrumen investasi yang berani memberikan return tinggi (dan berarti resiko tinggi juga).

  13. mas, saya ikut unitlink sdh 5 thn. Manakah pilihan yang lebih baik: meneruskan hingga 5 thn lg (sesuai jangka waktu yang saya ambil) atau kuambil nilai tunainya dan memasukkannya ke dalam asuransi murni dan reksadana ya? Ada yang bisa bantuin saya gak ??

  14. @Susan: ini pernah dibahas di PortalReksadana, coba mampir ke:
    http://portalreksadana.com/node/200#comment-4592

    Semoga dapat pencerahannya ya😉


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: