Oleh: adityohidayat | September 3, 2007

Pusat Informasi Produk Reksadana di Indonesia

Dulu sekali, saya pernah puyeng tujuh keliling karena tidak berhasil mencari data kinerja suatu produk reksadana. Pusing yang sama juga dialami rekan investor reksadana lainnya. Data yang tersedia di media Bisnis Indonesia hanya harga unit harian, mosok saya diminta entri data satu per satu… Ngga mungkin lah yaw!

Sedikit mengenang yang dulu saya pusingkan, ada kutipan di website lama saya [http://autogebet.blogspot.com/2006/12/indonesian-mutual-fund-historical.html]:

Previously, I found e-samuel.com and bisnis.com were one of the most up-to-date information. But later I found out that they don’t provide sufficient historical data. E-samuel.com came up with the historical data available in charts, but their data is incomplete, they don’t have data on every mutual funds available in Indonesia. Even JSX and SSX (Surabaya Stock Exchange) don’t have the information I need.

Sekarang, itu tidak lagi menjadi masalah. Saya membuat satu website yang mengumpulkan seluruh data kinerja produk reksadana di Indonesia. Website ini bernama PortalReksadana.com, dan memposisikan diri sebagai provider informasi yang paling komprehensif atas seluruh produk reksadana di Indonesia. Sumber data primer adalah Bapepam (Badan Pengawas Pasar Modal) Indonesia, dan data diperbaharui tiap hari secara otomatis (gile aja kalau harus entri data satu per satu, kayak ngga ada kerjaan). Website ini “sedikit” mengalami overhaul dari tampilan yang lama (ada disini), karena saya ingin fokus pada pengembangan content dan fasilitas tanpa perlu terbebani effort terlalu besar untuk coding.

Sedikit snapshot ada disini:

daftar_terbaik.jpg

kinerja_historis.jpg

Saya ingin banyak hal dapat dilakukan dari PortalReksadana.com. Investor dapat mengakses data kinerja produk reksadana manapun, bahkan data kinerja itu bisa di-download untuk diolah lebih lanjut (misal: portofolio analysis). Di masa mendatang, akan tersedia data IHSG (Jakarta Composite Index) sebagai pelengkap komparasi kinerja reksadana (sumber data ini dari Bursa Efek Jakarta).

Yang lebih seru lagi, PortalReksadana.com nantinya akan memiliki “Investor’s Survival Toolkit” (hehehe, sedikit hiperbolik gpp yah…). Isinya fasilitas-fasilitas yang bisa jadi bermanfaat untuk membantu dalam berinvestasi reksadana, misal: simulasi investasi dengan produk tertentu. Sementara ini belum tersedia, tapi silakan memilih (via voting disini) mana yang akan didahulukan🙂

The best of all, seluruh informasi yang ada di website PortalReksadana.com adalah GRATIS! Siapapun dapat mengakses informasi kinerja reksadana, dan kita tidak sendirian dalam berinvestasi.

However, the website is still in beta. Beberapa fasilitas masih disabled, dan jika dilihat grafik kinerjanya ada teks yang aneh di sumbu X :p Mohon maklum yang sebesar-besarnya. Banyak sekali yang ingin saya kembangkan, tapi harus satu per satu dan pelan-pelan (I’m a single fighter code warrior here). Saya terbuka jika ada kontributor yang ingin berpartisipasi dengan sharing atas pengalaman investasinya.

Selamat menikmati cara baru dalam berinvestasi, sampai jumpa di PortalReksadana.com. Get the excitement of the mutual fund community🙂


Responses

  1. Selamat buat portalreksadana.com mas. Aku bukan investor, tapi setelah tadi diceritain, aku optimis ini akan sangat bermanfaat untuk para investor. Mudah-mudahan big dreams nya bisa tercapai ya🙂

  2. congratulation mas Yoyok, keep fighting, maju terus pantang mundur, MERDEKA!!!!

  3. terimakasih atas sharing dan semangat kebersamaannya🙂
    mungkin bisa dibuatkan hal-hal berikut yang berhubungan dengan portalreksadana.com:
    – roadmap dan milestones
    – wish list
    – update history

    mungkin bisa membantu memunculkan ide-ide baru dari teman-teman yang membacanya🙂

  4. Pak Suryo, terima kasih sekali atas portal reksadananya. Sangat bermanfaat utk awam spt saya yang sedang mencari informasi mengenai reksadana. Sekalian salam kenal. Saty

  5. @Satyo:
    wah syukurlah portal ini dapat memberi manfaat. tapi kok ditujukan ke “suryo” ya :p

    salam kenal juga pak.

  6. Selamat atas launching situsnya. Semoga bisa memberi banyak manfaat buat pengunjung, karena selama ini belum ada situs yang merangkum informasi serupa.

    Sukses selalu!

  7. Salam kenal pak Hidayat, saya salah satu member portal reksadana ingin mengucapkan Thanks banget buat portal reksadananya, sangat sangat bermanfaat buat saya yang masih pemula dalam investasi ini, semoga untuk kedepannya portal tersebut bisa makin berkembang dengan fitur fitur baru yang selalu update. Selain itu semoga RTC yang sedang di rencanakan untuk direalisasikan dapat tercapai.
    All the best for you and fam🙂

  8. dear seluruh member portalreksadana.com,

    semoga rekan sekalian ada yg kebetulan mampir ke blog ini, karena saat ini portalreksadana.com sedang down.

    sesudah beberapa kali mengalami gangguan koneksi, kali ini adalah yang terparah. akibat tingginya traffic dan sempat mengalami overquota, ini mengakibatkan database mengalami kerusakan (corrupt).

    per detik ini saya masih mengikuti proses recovery dan pemindahan server. backup terakhir yang tersedia adalah tanggal 30 Oktober 2007. praktis kita kehilangan separuh data, tidak hanya artikel dan diskusi, namun juga hilangnya sekitar 1500-an data member (jml member terakhir hr ini adl 3800-an).

    saya sungguh shock atas insiden yang tak terhindarkan ini. data kinerja reksadana dapat dipulihkan dengan mudah, tapi yang tidak tergantikan adalah diskusi-diskusi kita yang sangat hidup dan aktif dari para member sekalian.

    saat ini masih diupayakan backup database terbaru. semoga masih dapat direcover hingga ke kondisi terbaru. pun jika tidak berhasil, saya akan berusaha merecover seluruh artikel secara manual, dan kita akan mulai dari awal lagi.

    kepada rekan member sekalian, bisa jadi harus mendaftar ulang di portalreksadana.com. sekali lagi, sungguh saya memohon maaf atas ketidaknyamanan ini. semoga kendala ini bs segera resolved.

    terima kasih atas dukungan dan apresiasinya selama ini.

  9. pa autogebet, kok portalreksadana.com ga bisa di akses/ 06 desember 2007. biasanya saya tiap nyampe kantor langsung buka portal ntuh,…tapi hari ini ..ya gitu deh. pas di akses disitu tertulis pindahan hosting?…..gmana bro?

  10. hem jangan sampe mati ni host nya ya…
    bis berguna banget ni buat pemain RD yg baru kaya gua ni .

    ha ha ha ha

  11. waduuh, sangat bersimpati ya pak a*gebet sekaligus congrats nih berarti portalreksadana nya sudah mulai sangat populer. Saya doakan semoga cepat up lagi dan bisa mencerahkan & mensejahterakan banyak orang kembali. peace

  12. dr kemaren utak-atik portalreksadana.com, kasak-kusuk cari info, sampe kirim email ke bothers yg kebetulan ID nye nempel di jidat :D… eh akhirnye… terjawab juga disini…. penyakit IT itu toh sebabnye, *corrupt* hiks… turut prihatin, smg bs lekas recover.

  13. deepest condolences, pak…😦

    i really appreciate for what you have been doing to repair the damage..

    maybe we do have to start all over again, but we know we’ll start with more brains (quantity and quality)😉

  14. salut pak.
    tapi kok sekarang gak bisa di buka lagi ya website nya?padahal beberpa hari yang lalu dah bisa lagi.

  15. baru saja selesai pindahan ke server yang ada genset-nya. sembari menantikan proses domain redirection, PortalReksadana.com dapat diakses di:

    http://222.124.24.36/~topix/index.php

  16. Wah…aku kebingungan portal reksadana down soalnya aku tiap hari gak bisa liat obrolan share pengalaman reksadana. maklum aku khan pemula ikutan reksadana baru Nov 07…jadi hrs banyak menimba ilmu. aku berharap banget portal ini maju terus…ON terus…

  17. @isty:
    wah mbak, mohon maaf juga ternyata down lagi, tapi memang ini sudah diprediksi, krn server yang sekarang masih unofficial.

    dari hasil diagnosa sementara: servernya hidup, tapi yang tewas adalah koneksi IP publik nya (sy bs akses lokal dari kantor, tapi ternyata gagal diakses dari luar kantor.

    semoga donasi yang terkumpul bisa segera merealisasikan server dan koneksi dedicated.

  18. mas adit….kl pengen share sebelum portal reksadana.com oke lg… aku hrs liat portal mn?? oh ya…mas taufik kemana ya?? aku suka baca komen2 nya dia….aku rindu membaca tips 2 dan komen2 nya yang diportal reksadana.com nih….

  19. Wah makasih atas infonya Bro Adit.., artikel lain akan ada lagi mudah2an bermanfaat..

    Untuk Sis Isty makasih ya komentnya terus invest & lakukan dengan tujuan ya.., yuk kita sama2 bangun bangsa dengan investasi yg terencana.., cheers:-)

    TGRM

  20. Mas autogebet, sekarang2 ini saya susah mengakses portalreksadana.com, soalnya saya butuh data excell untuk index JII, kira2 saya bisa dapat darimana data tersebut, mohon informasi….makasih

  21. hari ini secara tidak sengaja saya mendapatkan link ke website ini dari google.
    untuk portalreksadana.com saya telah mengetahuinya 2bln yg lalu.

    info2 sperti hrg unit sgt bermanfaat.
    sebelumnya saya juga pernah pusing mencari harga unit reksadana yg bisa lgsg didownload utk harga 1 tahun misalnya.
    thx dan sukses utk portalreksadana.com
    saya menantikan gebrakan2 selanjutnya!

  22. saya minta tolong,dimana saya bs dptin data histori reksadana syariah dan reksadana konvensional dalam bentuk tabel bkn dlm bentuk statistik selama periode 2003-2007 utk bahan penelitian tesis saya. Trima kasih sebelumnya

  23. @tuti: tentu semua data kinerja reksadana yg dibutuhkan tsb tersedia di PortalReksadana. saya sering membantu mahasiswa untuk menyediakan data kinerja reksadana.

    biasanya untuk keperluan thesis, data yg diperlukan lebih spesifik (tidak “semua”). dan perlu ada diskusi sebelumnya dengan dosen pembimbing, karena terkait sampel data kinerja yang akan diamati/diteliti.

    jika kebutuhan ini sudah spesifik, saya akan dengan senang hati membantu. silakan kontak saya disini, maupun dari halaman Kontak Kami di PortalReksadana.com.

    Tetap Semangat!™

  24. penemuan yang bagus..


Tinggalkan Balasan

Kategori

